»»

...

Apen Beyeren, Atraksi Berjalan di Atas Bara Api

Atraksi Apen Beyeren merupakan permainan khas masyarakat tradisional Biak Numfor yang biasa digelar pada berbagai kesempatan pesta adat dan sebagainya. Atraksi Apen Beyeren merupakan permainan yang diwariskan para leluhur ratusan tahun silam sebagai bagian dari kebudayaan masyarakat Biak Numfor.

Sekarang Apen Beyeren dapat tampil di depan publik jika ada permintaan dari pihak tertentu dalam suatu acara adat (munara).

Untuk dapat bermain atraksi "Apen Beyeren" di hadapan massa, persiapannya harus melakukan ritual adat (terlebih dahulu memohon kekuatan dari para leluhurnya agar mampu berjalan di atas bara api), menyiapkan waktu paling lambat satu tahun, selain itu harus mencari kayu api yang tepat. Persyaratan lainnya, setiap pemain harus menyiapkan diri dan waktu, serta berniat melakukan atraksi "Apen Beyeren" sesuai dengan budaya Biak.

Atraksi budaya Apen Beyeren, merupakan salah satu asset penting dalam pengembangan industri kepariwisataan di Baik Numfor. Atraksi ini dapat menarik perhatian dan minat para wisatawan domestik dan mencanegara untuk berkunjung ke Biak Numfor sebagai salah satu daerah tujuan wisata nasional.

"Apen Beyeren" harus dipertahankan serta dilestarikan agar tidak punah.

Berikan Nilai:

1 komentar:

  1. UNTUK LESTARIKAN BUDAYA INI,TONG PU PEMDA DONG ADAKAN LAGI KH...SUPAYA TONG PU GENERASI MUDA JG TW TNTANG TONG PU BUDAYA ASLI...N BSA DILESTARIKAN....
    MvJ_

    BalasHapus

Berikan komentar anda mengenai posting ini..!!